Minggu, 22 Agustus 2010

Bahaya Narkoba




Narkoba, adalah singkatan dari narkotika dan obat berbahaya. Mengapa narkoba sangat populer dewasa ini?, karena narkoba banyak disalah-gunakan atau dalam bahasa populer dinamakan "drug abuse". Mengapa narkoba sangat berbahaya?, karena dapat menyebabkan kematian bagi pengguna atau pengguna menjadi melakukan perbuatan yang menyalahi hukum diluar kesadarannya. Oleh sebab itu narkoba dilarang penggunaannya oleh pemerintah dari negara-negara diseluruh dunia. Yang paling utama pengaruh dari bahaya narkoba adalah efek ketagihannya, sekali seseorang mengkonsumsinya maka dia akan selalu ada keinginan untuk mengkonsumsi lagi..lagi...dan lagi. Bila dia tidak mengkonsumsi tubuhnya akan merasa tidak nyaman.


Mekanisme kerja narkoba dalam tubuh penggunanya adalah merangsang produksi beberapa jenis kimia saraf seperti "dopamin" dan "serotonin" yang terdapat dalam saraf pusat (otak), yang pada kondisi normal, kimia saraf tersebut bekerja sesuai dengan kondisi seseorang yaitu untuk berfikir, mengingat-ingat, tidur, dan relaksasi/istirahat. Bila seseorang mengkonsumsi narkoba maka produksi dopamin dan serotonin akan berlebihan/meningkat pada ujung-ujung saraf otak sehingga menyebabkan timbulnya gejala susah berfikir, susah tidur, susah mengingat-ingat, dan gejala lain yang menyebabkan rasa tidak nyaman.


Untuk mengetahui lebih jelas mengenai mekanisme kerja narkoba dan gejala sosial yang ditimbulkannya silahkan buka web saya http://darmono02.yolasite.com/ atau silahkan baca buku saya yang diterbitkan di UIpress dengan judul "Toksikologi Narkoba dan Alkohol" dan "Farmasi Forensik dan Toksikologi".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar